Senin - Sabtu08:00-20:00No Telp(0421) 96234

Peringatan Hari TBC International

Dalam rangka memperingati hari TBC tersebut RSU.Anugrah Sidrap mengadakan penyuluhan tentang penyakit TBC, Jumat, (24/3). Penyuluhan ini dilakukan tempat layanan kesehatan poli Anak.

Peringatan Hari TBC International

March 24, 2023 by admin0
WhatsApp-Image-2023-03-27-at-14.31.58-1200x900.jpg

Tanggal 24 Maret adalah hari tuberkulosis (TBC) yang diperingati Internasional. Tanggal tersebut diambil dari momen ditemukannya penyebab penyakit TBC yakni pada 24 Maret 1882, oleh Dr. Robert Koch yang pada ketika itu sedang terjadi wabah TB di Amerika dan Eropa, sedikitnya 1 dari 7 orang pengidap TBC meninggal dunia.

Penemuan Robert Koch tentu saja memberikan pencerahan bagi dunia kedokteran khususnya dalam penyakit TBC yang pada saat itu belum ditemukan biang penyakitnya. Untuk itu dalam rangka mengenang jasa Dr. Robert Koch maka dikukuhkanlah tanggal 24 Maret sebagai hari TB Internasional.

Dalam rangka memperingati hari TBC tersebut RSU.Anugrah Sidrap mengadakan penyuluhan tentang penyakit TBC, Jumat, (24/3). Penyuluhan ini dilakukan tempat layanan kesehatan poli Anak

TBC merupakan penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar kedua di dunia setelah HIV. Penyakit ini disebabkan oleh basil dari bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis sendiri dapat menyerang bagian tubuh manapun, tetapi yang tersering dan paling umum adalah infeksi tuberkulosis pada paru-paru.

TBC menjadi infeksi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Sayangnya, masih banyak yang tidak menyadari atau bahkan tidak tahu tentang bahaya TBC dan bagaimana pengobatannya. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mencerahkan masyarakat agar lebih mengetahui tentang apa itu TBC.

Penyuluhan dilakukan oleh tenaga kesehatan,tim pengelolah TB RSU.Anugrah yg melakukan penyuluhan yaitu oleh dr. Hj. Nur Maipa, Sp.A dan Abd.Kadir,S.Kep.,Ns

Penyebaran penyakit TBC dapat terjadi melalui orang yang telah mengidap TBC batuk atau bersin menyemburkan air liur yang telah terkontaminasi dan terhirup oleh orang sehat yang kekebalan tubuhnya lemah terhadap penyakit tuberkulosis. TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang paling sering menyerang organ paru-paru. Mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah, kekurangan gizi, diabetes, atau perokok akan lebih rentan terinfeksi bakteri TBC.

Secara umum, gejala TBC dapat tampak secara fisik seorang anak, seperti:
Berat badan anak dengan gejala TBC Paru turun atau tidak naik dalam 2 bulan terakhir
Demam lama lebih dari 2 minggu dan atau berulang tanpa sebab
Suhu umumnya tidak tinggi
Batuk lama lebih dari 2 minggu yang makin lama makin parah yang tidak membaik dengan pemberian antibiotik
Badan lemas/lesu sehingga tidak aktif bermain
Munculnya benjolan di kelenjar daerah leher rahang bawah, ketiak dan selangkangan

Sementera itu, dr. Hj. Nur Maipa, Sp.A selaku tim penyuluh juga menyampaikan bahwa pencegahan terhadap penyakit ini bisa dilakukan dengan menerima vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Vaksin BCG 80% efektif mencegah TBC berat pada anak.

Di Indonesia, vaksin ini termasuk dalam daftar imunisasi wajib dan diberikan sebelum bayi berusia tiga bulan. “Vaksin BCG juga dianjurkan bagi anak-anak, remaja, ataupun orang dewasa yang belum pernah menerimanya pada waktu bayi,” jelasnya.

Pengobatan TBC dari dokter biasanya menggunakan beberapa cara untuk mendiagnosis penyakit ini, seperti rontgen dada, tes Mantoux, tes darah, dan tes dahak. Hal tersebut dikarenakan tuberkulosis adalah penyakit yang sulit dideteksi, terutama jika pengidapnya adalah anak-anak. Dengan pengobatan yang benar, penyakit yang serius ini bisa disembuhkan. Langkah pengobatan yang dibutuhkan adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis obat antituberkulosis yang harus diminum selama jangka waktu tertentu, minimal 6 bulan.

Langkah utama yang bisa dilakukan untuk mencegah TBC adalah dengan menerima vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Di Indonesia, vaksin ini termasuk dalam daftar imunisasi wajib dan diberikan sebelum bayi berusia tiga bulan.

“Segera hubungi dokter dan berobat ke Fasilitas Kesehatan seperti Puskesmas atau Rumah Sakit jika mengalami gejala-gejala yang telah dipaparkan tadi. Penanganan yang tepat dan cepat dapat meminimalisir komplikasi yang mungkin terjadi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




RSU Anugrah sebagai institusi yang bergerak di bidang pelayanan kasehatan yang berawal dari klinik Dokter Spesialis yaitu Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Kebidan dan Kandungan, Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Bedah Umum dan Dokter Umum. yang di resmikan oleh bapak bupati Sidenreng Rappang pada tanggal 17 April 2000.



Sosial Media


Facebook

#RSU Anugrah Sidrap


Instagram

#rsu_anugrah_sidrap



Kontak Darurat


(0421) 96234


Hubungi kontak kami apabila anda berada dalam kondisi Darurat Kesehatan.


Created By IT RSU Anugrah 2023